Logo Segitiga Pada Kemasan

Apakah Anda arti Logo Segitiga pada kemasan plastic di sekitar Kita


Mungkin sebagian orang sudah tahu simbol disamping ini, tapi sejauh mana kepedulian kita saat kita membeli sebuah produk apakah tahu wadah makan/minum Anda saat ini aman digunakan? Pertimbangan utama saat membeli wadah makan /minum bukan terletak pada harga yang murah atau warna dan gambar yang menarik, melainkan dari segi keamanan dalam jangka panjang.
Berikut beberapa info yang menarik mengenai simbol segitiga yang berada pada wadah makan/minum dikemasan plastik yang harus diketahui: 

1.PETE (Polyethylene Terephalate)

Simbol seperti ini di rekomendasikan hanya sekali pakai, sebab bila sering digunakan untuk menyimpan air hangat atau panas mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat yang disebut karsinogenik yang mengakibatkan kanker dalam jangka panjang.
2.HDPE (High Density Polyethylene)

Biasa di gunakan untuk air galon minum. Merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan karena kemampuannya untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik dengan makan/minum yang dikemasnya. Walaupun begitu HDPE direkomendasikan hanya untuk satu kali pemakain, karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring wakt
3.V/PVC (Polyvinyl Cloride)

Merupakan jenis plastik yang sulit untuk di daur ulang. Bahan ini di temukan pada kemasan plastik pembungkus dan botol. PVC mengandung DEHA (di-2-etylhexyl adipate) yang dapat bereaksi dengan makanan yang di kemas dengan plastik, reaksi yang terjadi antara plastik dan makanan berpotensi membahayakan ginjal, hati, dan penurunan berat badan.





4.LDPE (Low Density Polyethylene)
Merupakan plastik tipe coklat yang biasa digunakan untuk tempat makanan, plastik kemasan dan botol yang lembek. Sifat mekanis kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dan permukaannya agak berlemak. Bahan plastik LDPE sulit untuk dihancurkan, tetapi baik dan aman untuk tempat makanan karena sulit bereaksi  secara kimiawi dengan makanan.



 
5.PP (Polypropylene)
Simbol segitiga ini merupakan pilihan terbaik untuk tempat makanan dan minuman, seperti botol minuman bayi. Bahannya lebih kuat dan ringan dengan adanya daya tembus uap yang rendah. Polypropylene juga memiliki ketahanan yang baik terhadap lemak dan stabil terhadap suhu tinggi.

6.PS (Polystrene)
Merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Elemen plastik ini dapat bercampur dengan makanan dan sangat berbahaya bagi kesehatan otak dan sistem saraf, berbahaya untuk ibu hamil dan janin juga dapat menggangu hormon esterogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, pertumbuhan dan sistem saraf. Biasa PS banyak terdapat pada bahan tempat makanan seperti styrofoam dan tempat minum sekali pakai. Kemasan dari bahan ini tidak direkomendasikan dan sebaiknya dihindari. 
 
 

7.O (Other)
Merupakan gabungan dari 4 jenis bahan, yakni: SAN (styrene acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate) dan nylon. Sering ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, alat elektronik dan plastik kemasan. PC dapat mengeluarkan bahan utamnya yaitu Bisphenol A kedalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon , kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma dan mengubah fungsi imunitas. Bahan plastik ini tidak di anjurkan sebagai tempat makanan maupun minuman. Semoga bermanfaat informasi inil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KODE-KODE YANG TERDAPAT PADA METERAN PLN LISTRIK PINTAR PRABAYAR